Rahasia Ketajaman Mata Hati part TAKUT

Ada hadits-hadits dari Nabi SAW. bahwa beliau bersabda :
"Sesungguhnya Allah SWT menciptakan malaikat ; mereka memiliki sayap yang lebarnya seluas dunia timur, dan sebelahnya lagi seluas dunia barat. Kepalanya berada dibawah 'Arsy, kedua kakinya di bumi yang ketujuh, dan mereka memiliki bulu sebanyak makhluk Allah SWT. Apabila dari umatku laki-laki maupun perempuan membaca shalawat kepadalu, maka Allah SWT memerintah malaikat menyelam ke lautan cahaya yang letaknya dibawah 'Arsy, malaikat itu kemudian muncul lagi dan mengibaskan-ibaskan sayapnya, maka keluarlah percikan-percikan dari bulu malaikat, dan Allah menciptakan dari setiap percikan menjadi malaikat lagi, dan malaikat itu memintakan ampun bagi orang yang membaca shalawat sampai hari kiamat"

Kata sebagian ahli Hikmah : "Selamatnya tubuh terletak pada sedikitnya makan, selamatnya ruh terletak pada sedikitnya dosa, dan selamatnya agama terletak pada membacanya sholawat seseorang kepada sebaik-baiknya makhlik yakni Nabi Muhammad SAW."

Allah SWT berfirman yang artinya :
"Wahai orang-orang beriman, bertakwalah kepada Allah SWT"

Maksudnya : kalian harus memiliki rasa takut kepada Allah SWT.

"Hendaklah setiap nafs (diri, jiwa, roh) memperhatikan apa yang diajukan jelak"

Maksudnya engkau memiliki perbuatan bagus apa yang akan dibuat bekal pada hari kiamat. Misalnya pahala sedekah, amal sholeh, berbuat taat untuk diambil pahalanya kelak di akhirat.

Firman-Nya :
bertakwalah kepada Allah. sesungguhnya Allah SWT Maha mengetahui apa-apa yang kalian kerjakan. (QS. 59 Al Hasyr : 18)

Yakni dari perbuatan kebajikan s: para malaikat, bumi, langi,t siang dan malam senua nya menyaksikan apapun yang dikerjakan oleh anak cucu Adam AS dari segi kejahatannya kebajikan dan ketaatan atau kemaksiatan. Sampai-sampai seluruh anggota tubuhnya sendiri menyaksikan apa yang diperbuat.

Bumi menjadi saksi buat orang mukmin dan zuhud. Bumi tersebut berkata "Dia telah membaca shalawat, puasa, haji dan sebagai seorang pejuang yang kesemuanya melebihi aku".
Bergembiralah hati orang mukmin dan hati orang zuhud.

Bumi itupun menjadi saksi buat orang kafir, ahli maksiat dan berkata : "Dihadapanku, diatasku mereka mengerjakan kemusrikan zina mabuk-mabukan dan memakan barang haram. Maka celakalah mereka kelak pada hari perhitungan amal tepat di hadapan Dzat Yang Maha Belas Asih."

Orang mukmin ialah orang takut kepada Allah subhanahu wa ta'ala dengan menjaga semua anggota tubuhnya. Sebagaimana yang pernah dikatakan Abu Laits :
"Orang takut kepada Allah subhanahu wa ta'ala terlihat tanda pada 7 macam :
1. Lidahnya : dicegah mengatakan yang bohong, menggunjing, adu domba, membual atau perkataan yang tidak bermanfaat. Kemudian ia menyibukkan diri dzikir kepada Allah  SWT, membaca Alquran atau diskusi masalah ilmu.
2. Hatinya : tidak akan mengeluarkan perasaan permusuhan, kebohongan, kedengkian terhadap kawan, karena dengki mampu menghapus semua kebajikan sebagaimana ada sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam. "Dengki mampu menghancurkan kebajikan sebagaimana api melahap kayu bakar".
Dan ketahuilah bahwa dengki atau hasut termasuk salah satu penyakit hati yang parah di mana penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan kecuali dengan ilmu dan amal.
3. Pandangan : Ia tidak memandang hal-hal yang haram, dari segi makanan, minuman pakaian dan lain-lain. Juga memandang dunia tidak berdasarkan kesenangan melainkan ia memandang sebagai pelajaran. Jelasnya ia tidak akan memandang terhadap sesuatu yang tidak halal baginya. Sabda Nabi SAW : "Barangsiapa yang memenuhi pandangan dengan barang haram, maka Allah ta'ala akan memenuhi dengan api neraka."
4. Perut : iya tidak akan memasukkan barang haram ke perutnya karena hal itu merupakan dosa besar sebagaimana disabdakan oleh Nabi SAW : "bilamana satu sopan barang haram masuk ke perut anak Adam maka setiap malaikat di bumi dan di langit melaknati selama sesuap masih dalam perutnya. Bilamana dalam keadaan itu ia mati, maka ia masuk neraka jahanam".
5. Tangan : iya tidak akan menjamah barang haram, kecuali hanya mengambil sesuatu yang dapat menambah ketaatan kepada Allah ta'ala.
Diriwayatkan melalui Ka'ab Al Ahbar ra. Sesungguhnya Nabi SAW bersabda : "sesungguhnya Allah ta'ala menciptakan wilayah yang terbuat dari "Zabarjudah Hijau", di mana di dalamnya ada ada 1000 kampung dan setiap kampungnya nya ada 70000 rumah yang seseorang tidak masuk kecuali seseorang yang menjauhi barang haram karena takut terhadap Allah ta'ala.
6. Kaki : tidak akan dibuat berjalan ke arah kemaksiatan justru berjalan dan bisa membuat ia semakin taat dan Ridlo yakni berkumpul dengan para ulama dan orang Saleh.
7. Taat : sikap taat nya murni ikhlas karena Allah ta'ala. Ia takut diselipi sikap riya dan munafik. dan ketika ia melakukan hal seperti ini maka dia termasuk golongan orang difirmankan Allah ta'ala :
"Kehidupan akhirat menurut tuhanmu ialah hanya bagi orang-orang yang bertakwa." (QS 43 Az Zukhruf : 35)

Firman-Nya dalam ayat lain
"Sesungguhnya orang-orang bertakwa berada dalam taman-taman dan mata air" (QS 15 Al Hijr : 45)

Firman-Nya dalam ayat lain
"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di surga dan penuh kenikmatan". (QS 52 Ath Thuur : 17)

Firman-Nya dalam ayat lain
"Sesungguhnya orang-orang bertakwa selalu pada tempat yang aman". (QS 44 Ad Dukhon : 51)

Dan seolah-olah dari semua itu Allah ta'ala berfirman "Sesungguhnya mereka kelak pada hari kiamat selamat dari api neraka". dan seharusnya seorang mukmin harus memiliki perasaan antara takut dan harapan yakni mengharap rahmat Allah dan tidak boleh putus asa sebagaimana firman Allah ta'ala :
"Janganlah putus asa mengharap rahmat Allah". (QS 39 Az Zumar : 53)
Kemudian meningkatkan ibadah kepada Allah menjauhi perbuatan jelek dan bertaubat kepadanya.

ULAT MERAH
Alkisah suatu ketika Nabi Daud AS duduk di serambi membaca kitab Zabur melihat seekor ulat merah melata di tanah. Nabi Daud AS lantas bertanya pada dirinya : "Allah punya kehendak apa dibalik ulat ini ?".
Dan dengan izin Allah ulat itu bisa bicara "wahai nabi Allah, bilamana siang datang, Allah mengilhamkan padaku untuk mengucapkan. "Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar..... 1000 kali setiap harinya. Dan bila malam tiba Dia memerintah Aku mengucapkan allahumma sholli ala muhammadini-nabiyyil ummiyyi wa'alaa alihhi wa shohbihi wa sallim 1000 kali. Lalu buat kamu, lafaz apa yang harus kukatakan agar memperoleh kebajikan darimu!".
Saat itu juga Nabi Daud langsung menyesal karena meremehkan makhluk ulat, ia langsung bertaubat kepada Allah.

Nabi Ibrahim khalilullah kalau ingat kesalahannya langsung pingsan, dan hatinya bergetar hebat sampai terdengar sejauh 1 mil. Allah langsung mengutus malaikat Jibril agar berkata kepadanya:
"Tuhan titip salam buat mu, wahai Ibrahim!. Dia berfirman kepadamu; apakah engkau melihat seorang kekasih takut kepada kekasih-Nya!".
"Wahai Jibril, bilamana aku ingat kesalahanku dan memikirkan Bagaimana keras siksa-Nya, spontan aku bisa lupa hubunganku dengan kekasihku".

demikianlah sifat dan keadaan para nabi Allah, kekasih Allah, orang-orang saleh, dan orang-orang yang sudahzsudah terhadap dunia.

Renungkanlah !!!

Comments

PERHATIAN

Terima Jasa Pembuatan Peta SHP untuk Perizinan Berusaha OSS | MOHON DUKUNG KAMI DENGAN KLIK IKLAN