Pengalaman Ketika Mencari Kerja (long story)

Teman-teman yang sedang cari kerja, hati-hati yaaa. Sampai skrg ngetik masih merinding gak percaya kejadian di gue dan untung selamat meski gatau kelanjutan nanti gimana.

Sore kemarin gue dapet WA panggilan interview untuk posisi sebagai admin di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pasokan peralatan industri dan alat berat, dan interviewnya selasa (23 Juli)

ue inget beberapa hari yang lalu gue sempet masukin lamaran via email ke perusahaan tersebut. Info lowongan pekerjaan ini gue dapat dari salah satu teman. Gue tertarik karena gaji yang ditawarkan lumayan dan mereka nerima fresh graduate kaya gue😂😂

Kalian yang ada diposisi cari kerja dan belum pernah punya pengalaman pasti ngerti perasaan ini kaya gimana😂 gue yang sadar gak punya skill tinggi dan cuma anak lulusan baru gak berharap tinggi-tinggi sama yang namanya kerjaan awal, yang penting ada. Udah.

Oiya, lowongan pekerjaan ini ada di website loker namanya jooble, gue sendiri sebelumnya gak pernah ngelamar lewat website ini karena gak familiar (atau gue yang kudet).

Cuma temen gue bilang kalo dia dulu sering dapat kerjaan dari situ. Yaudah kalo temen gue udah pernah, aman. 
Nah emang kerjaan ini yang dicari lulusan SMP/SMA/SMK sih, cuma kembali lagi gue butuh kerjaan, dan ini part time guys, part time dibayar UMR kan lumayan😂

Ini persyaratan serta fasilitas yang didapat

Gambar

Ya lunya aja gak hati-hati"
Iya gue juga ga nyangka kenapa bisa kejadian gini, tapi sebelum gue berangkat interview gue memastikan sekali lagi soal perusahaan ini ya googling2laaah tapi emang gaada informasi yang spesifik soal perusahaan ini, krn sebelumnya gue juga udah nyari.

Termasuk keyword " *nama PT* penipuan" udah gue cari. 
Gaada sama sekali. Biasanya gue suka baca kan kalo ada soal ginian di forum kaskus tp ini nama perusahaannya belum pernah diomongin.

"Lah emang gaada alamat website perusahaannya?"
Gaada. 
"Yaudah gak jelas gitu, ngapain masih dilanjut?"
Gue pernah masukin lamaran sebelumnya ke perusahaan yang berafiliasi dengan perusahaan terkemuka dan mereka juga gak punya website perusahaan, tapi itu real.

Ini chat dari si Ibu HRD, gue sensor dulu ya beberapa bagian, karena kejadiannya baru hari ini dan gue sendiri belum bisa memastikan gue sebenarnya kena kasus penipuan atau bukan.
Gambar   Gambar

Kalian perhatiin isi chatnya baik-baik deh. Ngerasa ada yang aneh gak? Kalo iya. Simpen dulu, nanti kita bahas. 
Ya pokoknya di undangan interview itu dibilang untuk hadir di kantor pukul 07.30-15.00 kan.

Gue datenglah pagi2 karena males bgt kalo siang pasti udah rame orang, skalian gue bisa nebeng abang gue yg kantornya gajauh dari situ. 
Dijalan biasalah pake Gmaps dengan tujuan alamat perkantoran yang disebutin di undangan tadi.

Sempet muter2 karena ini kantor gak ketemu-ketemu, barulah gue baca lg skali lagi kalo ini kantor adanya di belakang gedung salah satu bank.

Ketemu. 

Dan gue turun sambil dadah dadah ke abang gue, blm ada feeling aneh disini.

Pas abang gue pergi, gue ling lung liat ini ruko-ruko.
Ada bank, klinik kecantikan dan minimarket. Bingung karena kantornya dimana. Terus gue liat ada satpam dan ada beberapa orang yg gue rasa pelamar juga lagi berdiri didepan pos satpam.

Gue tanya langsung sama satpam, dan gue diarahin kearah basement. 
Gue kira itu basement guyssss ternyata dibaliknya ada ruko-ruko lagi yang monmaap gajelas karena rata-rata ga ada namanyaaa kaya gak ada yang nempatin dan seinget gue itu ruko-ruko ketutup semua.

Jadi posisinya ini kantor gak bakal keliatan kalo dari depan jalan. Gue aja gak nyangka ada bangunan dibaliknya. 
Disitu ada parkiran motor, banyak motor berderet dan banyak satpam sekitar 4 orangan dan rata-rata maaf orang timur.

Gue gak liat ada pelamar cewek ya sebelumnya, yang perempuan cuma gue posisinya pagi itu yang ada disana, asli maap ni pada serem-serem banget tapi pas gue lewat depan mereka ya taulah auto lirik sambil mesem-mesem. Disitu gue tanya perusahaan "ini" dimana sama satpamnya.

Trus dijawab "mau ketemu siapa?"
Bu "..... "
Tuh di lantai 2 
Mereka nunjuk ke salah satu ruko yang didepan bagian luarnya udah ada tangga ngarah langsung ke lt.2,  jadi ini posisinya gue masih diluar ya gengs. 
Yaudah gue naik.
Disini perasaan campur aduk.

Pas gue masuk, gue bener-bener bingung. Kalian pernah gak pergi ke tempat refleksi pijat, akupuntur atau semacamnya gt? Nah bentuk didalamnya sama kaya gitu, dimana ada meja kerja biasa sbgai meja resepsionis, dan gaada sama sekali embel-embel nama perusahaan didalamnya.

Gaada cuy. 
Yang ada dinding cuma penuh sama hiasan kata-kata motivasi. 
Gue pas masuk berasa mo ikutan MLM.

Nah didalem gue diminta berkas-berkas lamaran. 
Kebetulan karena gue sering ikut jobfair gue udah persiapin banyak jd tinggal kasi. 
Berkas-berkas yang gue kasi diantaranya:
-CV
-Pas Foto
-Fotokopi Transkrip nilai; sama
-Fotokopi SKL (karena ijazah belum keluar)

Gue juga dikasi selembar kertas kecil kira-kira ukuran 3x7 yang isinya diminta buat isi
-nama lengkap
-no. telp (kalo gasalah) 
-orang yang mau ditemui
-informasi (gue tulis alasan kepentingan gue dateng kesitu)

Pas lagi ngisi, gue curi denger kalo gue sama pelamar yang lain ternyata beda-beda orang yang manggil. Artinya yang bakal interview kita gak sama. 
Selesai gue isi, gue duduk di kursi tunggu yg ada di depan deket meja resepsionis dan ga sampe 5 menit gue udah dipanggil masuk.

Pas masuk seinget gue ada beberapa meja kerja dan ada kurang lebih 2-3 orang didalamnya. 
Ibu HRD yang panggil gue ini dengan sangat ramah sapa gue dengan menyebut nama panjang gue.

Dia cuma tanya gini
"Kamu tinggal dimana? Depok yaaah?" *sambil liat CV gue?*
"Iya Bu, Depok"
"Dimananya?"
"Di...."
"Udah lama?"
"13 tahunan lah"
"Wih lama yah, udah pernah kerja?"
"Magang pernah Bu"
"Kalo besok mulai kerja bisa?"

Eng ing Eng.

"Besok Bu?"
"Iyaaa, besok. Selamat ya kamu sudah kami terima di perusahaan kami"

Gue refleks ngomong

"Hah? Udah?"
"Iya udah, kamu akan bekerja mulai besok, sebagai staf admin data entry, kamu akan dapat gaji xxxxxx, tunjangan kesehatan, insentif, transport, uang makan blablabla

Dia pokoknya jelasin benefit yang akan gue peroleh sembari tangannya nulis2 dikertas berapa nominalnya. 

WOOOYY SEMUDAH ITU?! DITANYA ALAMAT DOANG LANGSUNG KETERIMA KERJA???! 

Gile lu.

Disini dia ngomong bener-bener super terlatih ya, gue bersyukur banget karena posisinya saat itu gue masih dikasih kesadaran, meskipun ga penuh. 
Dia menggiring gue untuk menandatangi kertas yang isinya kaya berupa perjanjian.

Bersyukur juga karena gue sempat sadar kalo ini gak beres karena gue dimintai uang sebesar 600rb untuk biaya training dan harus dibayarkan saat itu juga dimana kalo gue ga sadar dan keburu tanda tangan ini bisa jadi bahan buat mereka perkarakan.

Disini gue langsung bilang
"Bu, maaf kalo saya pikir2 dulu gimana? Karena saya gabisa mulai kerja besok"
"Loh kenapa? Udah tanda tangan dulu aja"
"Aduh Bu, nanti dulu deh"
"Loh emng besok mau kemana?"
"Ada interview ditempat lain Bu"
"Dimana?" *disini si ibu mulai berubah nadanya

"Di.... *gue menyebutkan satu perusahaan besar*
Dan disini si ibu mulai jawab dengan agak ngegas
"Mbaaaakk.. Gini yah, disini tuh mbak udah jelas keterima kerja, disanakan belom"

"Iya Bu, saya mau pikir-pikir dulu ya"
"Disini jelas mbak, mbak dapet libur sabtu minggu, kerja cuma sampe jam 4"
"Iya tapi saya blm mau tanda tangan"
"Gini aja deh, mbak isi dulu ini kan hanya sekedar surat pernyataan aja dari kita, disini nih disini ditandatangani *nunjuk kolom

Gue ngerasa kok kaya dipaksa banget. Perusahaan mana yang segininya sama pelamar yang blm jelas kinerjanya nanti bakal seperti apa. 
Kok mereka butuh banget. 
Disitu gue super ga nyaman. 
Gue jawab lagi
"Bu, bisa gak kalo saya ttd nanti?"

"Sekarang ajaaa. Toh inikan kertas buat kamu, bukan buat kita"
Gue tetep gamau gue bilang gue masih pikir-pikir dulu sampai akhirnya dia ngalah dia bilang
"Yaudah, mbaknya bayar aja dulu 50 atau 30 gitu buat tanda aja kalo nanti mbak bakal kita hubungi lagi"

Yup. 
I got the point. 
Mereka emang cuma mau minta uang. 

Yang ada dipikiran gua saat itu adalah gimana caranya gue supaya bisa keluar dari sana. Karena gue sendiri ketakutan. 

Itu tempat serem, asli.

Banyak hal yang bisa gue permasalahin sebenarnya
-Gue ngelamar dengan posisi part time,  bukan full time (ibunya salah) 
-Dia bilang kantor tempat gue interview ini bukan kantor pusat, padahal jelas di undangan interview itu adalah kantor pusat
-si ibu juga bilang kalo kertas gue

tanda tangan itu bakal buat gue, bisa aja gue bilang "yaudah inikan kertas buat saya, saya bawa pulang aja ya"

Tapi disini posisinya mengharuskan gue bijaksana, karena gue gatau apa yg bakal terjadi kalo gue ribut didalam sana.

Akhirnya gue bilang 
"Saya tetep bayar aja Bu gapapa, tapi saya gamau tanda tangan ya"

Dan ibunya mau. 
:)

Gue akhirnya bayar 30rb.

Gapapa, rugi 30 daripada kenapa-napa.

Udah gue dilepasin gitu aja.

Selain tanda tangan, gue diharuskan mengisi data diri juga dikertas itu, dan untungnya kertas itu sama sekali gaada gue isi dengan tulisan gue sendiri. Terakhir ibunya yang isiin nama gue karena gue gamau isi. Kertasnya pun diambil mereka bukan dikasi ke gue.

Kenapa gue ngerasa kudu berbagi cerita disini? Karena hal yang bikin gue sedih sampe sekarang adalah pelamar-pelamar yang dipanggil setelah gue.

Setelah gue, yang dipanggil untuk diinterview oleh ibu itu adalah bapak-bapak tua, sudah agak bungkuk dan rambutnya dipenuhi uban. Gue paling gak tega liat orang tua apalagi bapak2 mata langsung ngumbeng. Sampe skrg gue masih kepikiran.

Keluar dari tempat itu gue balik ketemu sama satpam2 yang gue ceritain diawal. Disampingnya ada anak sepantaran gue kayanya pake item putih yang juga ngelamar lagi nelfon orangtuanya.

Gue yakin ini anak dari daerah karena logat yang dipakai waktu dia nelfon. Gue inget persis gimana dia cerita ke orang tuanya
"Bu, aku diterima kerjaaaa, tapi mesti training Bu bayar 600rb, ibu bisa kirimin uang gak?"

Gue pengen banget nyelamatin itu anak, tapi satpamnya disampingnya 😭😭
Gue bener-bener mau nangis, karena gak tega sama mereka, maaf ya gengs aku anaknya emang seemosional itu.

Sebenarnya udah gatel pengen sebut nama perusahaannya. Cuma saat ini, itu dulu ya tanda-tanda yang bisa gue kasitau. Berkas2 gue pun masih disana dan bisa aja sewaktu2 mereka manfaatkan.

Berhubung juga gue belum tau sebenarnya ini gue kena penipuan atau bukan. Tapi yang pasti proses rekrutmen kerja bukan pelamar yang keluarin duit ya Ada UUnya (https://pih.kemlu.go.id)
Gambar

*tweet tambahan*
Teman-teman yang sibuk nanya nama PTnya apa, mohon untuk lebih sibuk kenali ciri-cirinya. Nama PT mereka ada banyak dengan sistem metode yang sama, itu kenapa gue bilang kalo di kantornya gak ada embel-embel nama perusahaannya

Masalah siapa nama orang yang ngundang interview juga begitu.
Karena kita yang ada disitu beda-beda yang kirim undangannya, orang yang interview kita juga udah pasti beda.

Ini seperti jatah HRD masing2.

Gambarannya gini:
Si A diundang interview oleh ibu Beti, S. E
berarti A adalah "jatah" Ibu Beti

Sama halnya dengan si B diundang oleh Ibu Cika, S. E berarti B "jatah" Ibu Cika

Jadi jgn sibuk cari nama PT atau interviewernya siapa, tp ciri2nya.

Kalo yang nanya sistem kerja dan bisa dilaporkan apa ngganya, berdasarkan hasil riset mondar-mandir, mohon baca thread yang baru gue pinned ya, kalo ada yang salah dan ngerti hukum, tolong bantu koreksi.

dan untuk bbrp komentar kalian..

percayalah gue tuh udah pernah baca kasus ginian sebelumnya di kaskus tp emg dasar stupid aja tetep kena.

udah ye.

mohon maaf untuk pemilihan beberapa kata atau kalimat yang mungkin kurang berkenan saat kalian baca. Thread ini murni dibuat hanya untuk berbagi pengalaman. Tidak ada maksud untuk menyinggung kelompok tertentu.

semoga kita semua lebih hati-hati ya, agar kedepannya kasus penipuan semacam ini sudah tidak ada lagi❤

Thread by : @patriciagabby_

Comments

PERHATIAN

Terima Jasa Pembuatan Peta SHP untuk Perizinan Berusaha OSS | MOHON DUKUNG KAMI DENGAN KLIK IKLAN