Pembobolan ATM melalui Teknik Skimming

Halo temen2, sebelumnya aku bagiin cerita ini biar temen2 tidak mengalami hal yg serupa denganku. Jadi baru aja aku kena musibah uang di atmku ludes, hanya tersisa 2rb.

Thread ini kyknya bakal berantakan krn bingung mau cerita dari mana dulu. Gapapa yaa

Aku memakai atm btn buat bayar ukt kuliah dan ada beberapa sisa uang tabunganku disitu.

kronologi ketahuannya seperti ini:
-Senin malam tgl 22 Juli krn aku lagi kkn dan teman2 sedang ngobrol tentang pembayaran ukt. Iseng2 lah aku buka mobile banking
EH TAPI KOK sisa uangku 2ribu aja. Padahal kuingat2 saldoku ada http://7jt.an. Sedangkan tagihan uktku 6,3

Biasanya aku bayar ukt scr cut off autodebet, jadi kalau rekening itu udah ada saldo buat bayar bakal otomatis kepotong sesuai dg tagihan uktnya.

Baru ingat ternyata tanggal mulai cut off autodebet itu tgl 23 juli. Sedangkan 22 juli saldo tinggal 2ribu. Nah jadinya aku kan panik, krn ngga pernah kyk gini. Biasanya autodebet motongnya selalu tepat nominal tagihan.

Lebih kaget lagi di daftar mutasi ada penarikan dari tanggal 19 juli. Sedangkan aku tdk pernah melakukan transaksi itu sama sekali. Posisinya aku tau itu malam dan lagi di posko kkn, disana ngga ada atm. Ada atm tp jauh banget harus ke kota.
Gambar

Jadi tdk memungkinkan buat lihat saldo atm. Waktu itu pikiran udah kacau tp kadang berpikir mungkin mobile bankingnya yg error, dan beberapa temen jg menenangkan aku mungkin itu error kyk kejadian bank lain beberapa hari ini.

-Besoknya (23 Juli) aku langsung pergi ke solo, sebelumnya emang berencana balik solo krn ngurus bayar kosan, eh ternyata ada kejadian ini jd harus ngurusin ini juga ke banknya langsung. Perjalananku itu dari gunung kidul ke solo sekitar 2,5 jam lah.

Istirahat bentar di kosan, dan jam satu siang aku ke bank kampus mendatangi CS menanyakan ini.
------------------
Sebelum ke banknya langsung, aku cek atm dulu, masih berfikir barangkali mobile bankingnya error kan ya.

Eh ternyata aku cek tinggal 52rb aja guys :( ternyata yg di mobile banking itu beneran sisa 2rb.
Oke lanjut aku langsung ke bank antre cs. Giliranku aku langsung tanya2 sama ke csnya masalah transaksi keluar pdhl aku tdk melakukan transaksi itu.

Kemudian dicek sama cs bank dan cs telfon2 gitu mungkin sama bank pusat atau yg lain buat ngecek transaksiku yg keluar, itu telfonnya berlangsung agak lama jadi aku makin deg2an :(

-selesai telfon-
Jadi gini mbak, kemungkinan ada indikasi atm mbak ini kena skimming. Jd skimming itu modus pembobolan dengan scan atm, jd si pencuri bisa mengkopi kartu atm persis punya mbak.Beberapa penarikan disini ada yg diambil dari Medan dan Batam, nah loh nah bayangkan :((

"biasanya ini mereka memasang alatnya di mesin2 atm yg kurang pengawasan, misal di pom bensin, supermarket, atau tempat2 lainnya"
lalu CS tanya ke aku, mungkin bisa diingat2 transaksi atm terakhirku itu dilakukan dimana krn kemungkinan ya terperangkapnya waktu itu

CS tanya ke aku, mungkin bisa diingat2 transaksi atm terakhirku itu dilakukan dimana.
Daaan transaksi terakhirku tgl 29 januari guys, itu waktu aku di rumah dan ngambil uangnya di atm depan supermarket gitu

-lanjut CSnya langsung bantu buat blokir atmku, dan aku buat surat pengaduhan nasabah agar dikoreksi dan semoga bank bisa mengembalikan uangku. Buat surat pengaduan itu aku jg harus ada surat dr kepolisian, jadi aku juga ngurus ke polsek terdekat.

Perasaan jadi pusing banget Ya Allah, itu ngurus sendirian mau nangis di bank dan polsek ya malu, jadinya aku tahan sampe kosan :(
Jadi alurnya aku ke bank-polsek-bank-lalu kosan

Oiya dr banknya bilang kalau pengaduhan ini di proses kurang lebih 14hari. Jadi aku skrg masih menunggu keputusan apakah uangku kembali atau tidak.
Sedangkan pembayaran ukt terakhir tanggal 9 agustus guys, doakan ya teman2 biar bank bisa mengembalikan uang itu

Jadiii dari kejadian ini aku berpesan kpd teman2, kalau mau ambil uang di mesin atm ke tempat yg aman aja. Misal ke mesin atm depan banknya langsung, jangan asal yg penting dekat krn kita tdk tau itu aman atau tidak :(

Oiya, lagi lagi aku mohon doakan juga ya supaya uangku bisa diganti oleh

@BankBTNcoid
 dan diproses lebih cepat. Aamiin

Sekian, semoga tidak ada kasus seperti aku lagi

Thread by : @ceriblasem

Comments

PERHATIAN

Terima Jasa Pembuatan Peta SHP untuk Perizinan Berusaha OSS | MOHON DUKUNG KAMI DENGAN KLIK IKLAN